By. KIM Juragan.

Dalam rangka Pengukuhan Penegak Bantara, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kapuas Hulu gelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Bertempat di halaman MAN 1 Kapuas Hulu. Kegiatan ekstrakurikuler wajib sekolah ini,  di buka secara resmi oleh Kepala Sekolah MAN 1 Kapuas Hulu, Iskandar Syahputra Gunawan, M.Pd.I.,  Sabtu (20/4/2019), sore.

Pembina Gugus Depan Sukma Indra mengatakan, Di Sekolah Menengah Atas disebut Penegak, grade selanjutnya mengambil Bantara. Supaya nanti di masyarakat bisa digunakan. “Untuk Penegak Bantara diwajibkan bagi kelas XI, minimal harus selesai dua semester, karena di tahap pertama mereka masih mendapatkan di ambalan. Pramuka merupakan kegiatan wajib dikurikulum 2013. Selain kegiatan non akademik eskul, jadi mereka harus berprestasi di non akademik maupun di akademik.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 48 orang, ditambah panitia berjumlah 20-an orang. Ia menerangkan, dari surat yang diedarkan, mengenai surat izin orang tua, 90 % hadir semua.

Kegiatan Persami ini juga bernuansa religius, karena pada malam harinya, dilaksanakan peringatan hari nifsu sya’ban.

Kegiatannya sama dengan pengambilan bantara lain-lain, dimulai dari proses upacara, baris berbaris, materi dalam sidang kecakapan umum, semuanya akan dibentuk. “Dan nilai plusnya lagi, kalau dibandingkan dengan sekolah umum, selalu disisipkan pelajaran bermadrasah.” Tutur Indra

Indra juga menjelaskan, dalam belajar ada beberapa faktor, para siswa mendapatkan motivasi sepenuhnya dari luar 80 persen, 20 persen pasti dari guru mata pelajaran di kelas, orang tua harus mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan anaknya, kemudian jangan dilepaskan ketika ada kegiatan di luar.

Lulusan S1 FKIM Universitas Muhammadiyah Pontianak ini, menargetkan khusus di pramuka bertepatan HUT 58, akan benar-benar mempersiapkan diri, untuk meraih prestasi. Misalnya di bidang baris berbaris, hasta karya, lomba kebersihan di dalam tenda, membuat tenda, dan lain-lain.

Sebelumnya Gudep Sukma ini pernah meraih prestasi, di antarnya: membuat tenda, lomba baris-berbaris dan paduan suara dalam rangka menyambut HUT 57 Pramuka se-Kabupaten yang pelaksanaannya di Lanjak pada tahun 2018. Harapannya kegiatan eskul ke depannya akan membentuk barisan khusus paskibra di pramuka, jadi nanti kami minta sumbangsih dari eskul paskibra untuk membantu kita di pramuka. “Orang yang tergabung di eskul pasti ada minat, bukan karena ada tekanan. Eskul wajib tapi sesuai minat. Harap dukungan dari orang tua, kemudian dari siswanya sendiri semangat tuk berprestasi.” Pungkasnya. (Ria).