Pemerintahan Kapuas Hulu Membutuhkan Bangunan Yang Layak

By on

Lingkungan Pemerintahan yang representatif merupakan salah satu unsur yang mendukung peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat. Seperti bangunan pemerintahan yang terstandar, tentu akan membuat masyarakat nyaman dalam mengurus kebutuhannya pada lembaga pemerintahan terkait.

Untuk Kabupaten Kapuas Hulu ada beberapa fisik bangunan Pemerintahan yang sudah representatif secara kasat mata, seperti bangunan DPRD Kapuas Hulu, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang serta Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air. Semetara untuk Ogranisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk Sekretariat Daerah masih membutuhkan perbaikan dan upaya bangun baru.

“Kalalu kita lihat saat ini memang bangunan pemerintah banyak yang sebetulnya sudah harus dibangun baru, seperti Sekretariat Daerah dan DPMPTSP itu sudah mau roboh, belum lagi dinas lain dan bahkan kantor kecamatan,” ujar Jantau, S.Sos, Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (3/7).

Jantau mengatakan, urusan pembangunan fisik OPD tersebut memang menjadi tanggungjawab dinasnya. Hanya saja, pihaknya tidak dapat melakukan pembangunan baru pada OPD karena terbatasa pada anggaran. “Keinginan kami membangun berapa dinas, tapi kendalanya anggaran. Sebab itu kami belum bisa berbuat banyak, sebatas kemampuan yang ada,” tuturnya.

Menurut Jantau, memang perlu prioritas khusus untuk bangunan OPD, kalau bisa Pemda Kapuas Hulu anggarkan itu satu persatu. Apabila sekaligus tentu anggaran tidak mampu karena dana yang dibutuhkan sangat banyak. “Kalau Pemda Kapuas Hulu fokus ke bangunan OPD itu bisa satu OPD satu tahun, setidaknya dalam lima tahun ada lima dinas yang fisik bangunannya sudah lebih baik,” paparnya.

Kedepan, kata Jantau, fisik bangunan OPD tetap harus diperhatikan, kalau tidak akan jadi permasalahan juga bagi pemerintah. Selain untuk pertimbangan sisi kenyamanan masyarakat dalam pelayanan, juga perlu mempertimbangkan keselamatan pegawai yang bekerja pada bangunan yang sudah termakan usia.

“Sebagai pemerintah tentu perlu memenuhi standar pelayanan, sehingga masyarakat enak berurusan. Dari segi pemerintahan fisik gedung yang baik juga akan memberikan kenyamanan, keselamatan bagi pegawai yang bekerja. Kalau tidak nyaman produk pemerintahan bisa saja tidak akan baik,” tuntas Jantau. (Tim KIP)

About KIP