Wabup Kapuas Hulu Tegaskan Empat Konsep Ketahanan Keluarga

By on

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan upacara bendera memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 26 Tahun 2019. Upacara bendera tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kapuas Hulu, Rabu (3/7). Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero bertindak selaku inspektur dalam upacara itu.

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Barat, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, S.H menyampaikan bahwa Harganas adalah ajang menggelorakan dan menyosialisasika program pembangunan keluarga, untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera. “Pada Harganas ke 26 tahun 2019 ini, merefleksikan tentang empat konsep pendekatan ketahanan keluarga,” terang Wabup.

Keempat hal tersebut diantaranya, keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi. Konsep ini tambah Wabup Kapuas Hulu, sangat bermanfaat dalam menghadapi era 4.0, agar keluarga tetap memiliki ketahanan

“Era 4.0 ini lebih memiliki kerentanan dalam pertahanan keluarga, karena pada era pemanfaatan teknologi lebih dikedepankan, sehingga ini lebih cendrung mengurangi interaksi langsung antara anggota keluarga,” papar Wabup.

Masih dalam sambutan tertulis Gubernur Kalbar, Wabup Anton Pamero mengatakan, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat. Peran keluarga sangat penting dalam membentuk karakater dan menentukan kualitas bangsa.

“Keluarga berperan sebagai lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang, menanamkan nilai – nilai moral dan pembentukan kepribadian individu,” ucap Wabup.

Untuk itu kata Wabup, pondasi keluarga harus diperkuat, dengan berawal dari keluarga – keluarga yang berkualitas dan tangguh, sehingga tercipta ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Oleh karenanya, Wabup berharap dengan adanya Harganas tahun 2019 ini, dapat menjadi momentum dan kesempatan untuk menjadi stimulasi dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan keluarga. (Tim KIP)

About KIP