IOM Pulangkan Korban TPPO di Kapuas Hulu

By on

Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di kabupaten Kapuas Hulu menjadi sorotan organisasi dunia dibawah naungan Persatuan Bangsa-bangsa (PBB). Organisasi tersebut adalah International Organization for Migration (IOM).

Perwakilan IOM, Kornelia Bernadecta Li, mengatakan pihaknya terlibat dalam mengurusi WS, korban TPPO di salah satu cafe di Jalan Lintas Selatan, Putussibau Selatan- Kalis.IOM bekerjasama dengan Polres Kapuas Hulu. “Kami sudah bertemu korban, kondisi korban awal agak tertekan namun sekarang sudah baikan,” tutur Kornelia saat dijumpai di Polres Kapuas Hulu, Selasa (2/7) pagi.

Kornelia menuturkan, korban merupakan warga kabupaten Sanggau, Kalimatan Barat. Korban juga sudah dikembalikan kepada pihak keluarganya. “Jadi korban sudah kami dan pihak Polres Kapuas Hulu kembalikan ke keluarganya,” ucap Kornelia.

Kornelia menambahkan, terkait TPPO pihaknya telah menetapkan program di empat lokasi, salah satunya di Kapuas Hulu. IOM juga sudah memiliki 40 anggota untuk Gugus Tugas TPPO tersebut. “Jadi IOM akan memberikan pendampingan bagi para korban, bekerjasama dengan instansi Pemerintahan setempat. Kami akan bantu apabila korban perlu untuk pembiayaan sekolah dan kursus untuk menunjang kelanjutan hidupnya,” tuntas Kornelia. (Tim KIP)

About KIP