Penerimaan Siswa, SMAN 1 Putussibau Terapkan Jalur Zonasi

By on

Ratusan pelajar lulusan SMP mendatangi SMAN 1 Putussibau, Senin (24/6) pagi. Mereka mendaftar untuk menjadi siswa baru, sesuai jalur-jalur yang disediakan pihak sekolah terkait. Salah satu jalur pendaftaran siswa baru di SMAN 1 Putussibau adalah jalur zonasi.

Waka Kurikulum SMAN 1 Putussibau, H. Dolai menjelaskan pada jalur zonasi, pihaknya menetapkan zona 1 dan zona 2.

“Zona 1 ini sekiataran Putussibau Utara sekitar sekolah. Zona 2 itu sekolah-sekolah di sekitar zona satu, kecamatan terdekat seperti Putussibau Selatan, Bika bisa,” terangnya.

Doali menuturkan bahwa ada perbedaan pola penerimaan siswa baru tahun ini dan tahun lalu. Tahun lalu zona satu penerimaannya 90 persen, sekarang 80. Kemudian jalur prestasi dulu 5 persen, sekarang 15 persen. Lalu jalur mutasi orang tua, itu 5 persen.

“Total siswa yang kami terima 243 orang, diluar siswa lama yang tidak naik kelas. Dari jumlah itu untuk jalur zonasi 194 orang, prestasi 37 orang, mutasi 12 orang,” papar Dolai.

Dari jumlah siswa yang diterima, akan dibagi ke 7 kelas (4 ipa, 3 ips). Satu rombel sekitar 36 siswa.

Khusus jalur prestasi, boleh dari kecamatan mana saja asal di Kapuas Hulu. Calon siswa baru dari jalur prestasi ini akan dites pada tanggal 27 Juni 2019, jam 8 pagi. “Kalau jalur lain tidak ada tes tambahan mereka diterima sesuai seleksi administrasi saja. Pengumuman penerimaan tangal 28 Juni nanti, bagi yang mau lihat bisa datang langsung ke sekolah ini,” tuntas Dolai.

Warga Sibau Hilir, Kosmas Raga menuturkan proses penerimaan di SMAN 1 Putussibau, bagi dirinya hal yang baru. “Proses ini baru, kita ikut aturan saja,” ujarnya.

Khusus penerimaan jalur zonasi, menurut Kosmas, sudah baik. Membuat pelajar yang ada di sekitar sekolah mendapatkan kuotanya sendiri. “Kalau diterima sesuai zona siswanya sekolah tidak jauh dari rumah, ini mempermudah masyarakat, sehingga tidak jauh harus ketempat lain,” tuntasnya. (Tim KIP)

About KIP