Wabup Himbau Hati-Hati Kelola Anggaran Desa

By on

Pemerintah Indonesia saat ini memberi perhatian penuh kepada pembangunan desa. Pemerintah mengucurkan Dana Desa (DD) dan sharing Anggaran Dana Desa (ADD) dari Pemerintah daerah hingga Rp 1 Miliar lebih, untuk pembangunan desa.

Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero, S.H., menegaskan bawah Pemerintah sudah memberi perhatian yang besar kepada desa. Untuk itu, desa-desa yang ada di Kapuas Hulu harus memanfaatkannya dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada. “Dalam hal pembangunan saat ini, pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ada aturan yang harus dipenuhi, seperti dana pendidikan minimal 20 persen, kesehatan 10 persen, ADD juga sudah dianggarkan luar biasa dan itu harus dimanfaatkan pemerintah desa,” tegas Wabup, saat berkunjung ke desa Cempaka Baru, Kecamatan Putussibau Selatan, Senin (10/6) lalu.

Menurut Wabup, anggaran untuk desa sudah cukup besar, rata-rata Rp 1 Miliar satu desa. Dana ini memang besar tapi itu tidak cukup, maka harus dikelola dengan baik,” pesan Wabup.

Wabup menghimbau agar pemerintahan dari tingkat desa, kecamatan dan bahkan kabupaten meningkatkan profesionalitas bekerja. Penganggaran kegiatan mesti terarah sesuai dengan kebijakan visi dan misi kepala daerah. “Jujur APBD beberapa tahun lalu memang dikelola belum sesuai dengan yang di kehendak, namun Pemda Kapuas Hulu terus bekerja keras dan sudah dua tahun ini kita bisa dapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tuntasnya. (Tim KIP)

About KIP