Pusat Pengembangan dan Pelatihan Masyarakat Semitau Mengadakan Sosialisasi Moringa

By on

Laporan Kim Entugan Hulu

Maisidah

Potensi moringa oleifera merupakan salah satu olahan Pusat Pengembangan dan Pelatihan Masyarakat (P3M) yang saat ini di beri nama Borneo moringa, menjadi topik pembicaraan saat sosialisasi di aula p3m semitau, Jumat (17/5/19).

Acara tersebut dihadiri oleh pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu,  Kecamatan Suhaid dan Semitau, ibu ibu pkk, posyandu dan paud Kecamatan Suhaid dan Semitau. Hadir juga Edo Soedjarwo selaku manager P3M dan sekaligus sebagai nara sumber.

Moringa oleifera juga bisa menjadi peran yang sangat penting untuk tubuh manusia menurutnya karna kandungan gizi, vitamin c dan asam amino yang bisa mengalahkan radikal bebas dalam tubuh manusia. Untuk balita dan anak apabila selalu mengkomsumsi bisa membantu proses perkembangan otak pada anak anak, sejak dalam kandungan, selain itu juga bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini sudah di buktikan oleh para peneliti dan ahli kesehatan di beberapa negara maju di Asia dan Eropa. Harapannya semoga di kalimantan barat khususnya Kapuas Hulu moringa bisa menjadi tanaman unggulan di masyarakat.

Tujuan P3m melakukan kegiatan sosialisasi tersebut agar para peserta sosialisasi bisa lebih mengenal moringa dan menyebarkan kepada masyarakat luas, karna selain untuk sayur moringa juga bisa di jadikan obat yang saat ini di produksi oleh borneo moringa berupa kapsul bahkan moringa juga enak dan lezat buat campuran berbagai kue dan kuliner serta aneka minuman.

Widya dari yayasan Dian Desa, mengatakan untuk ibu ibu dan bapak bapak yang bergerak di bidang usaha makanan dan minuman moringa yang mempunyai ratusan nama salah satunya di kenal dengan nama kelor bisa menetralkan zat-zat yang mengakibatkan beberapa macam penyakit , sangat baik sekali di konsumsi dan di olah menjadi kue kuliner dan aneka minuman untuk di perjual belikan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu Abdur Rasyid mengatakan pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu selalu mendukung hal hal positif untuk pengembangan di masyarakat seperti halnya moringa. “Harapan kita semua masyarakat lebih mengenal Moringa agar kita semua dapat merasakan mamfaat yang luar biasa dari kelor ini, apalagi saat ini P3m sedang memproduksi kapsul kelor dan serbuk kelor bagi masyarakat yangg memerlukannya silahkan datang ke Borneo moringa di P3m.” tutupnya.

About KIP