Rakor Persiapan Menyambut Lebaran

By on

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan rapat koordinasi lintas instansi di ruang rapat Sekretariat Daerah setempat, Rabu (15/5) pagi. Rakor itu dipimpin Pj Sekda Kapuas Hulu H. Sarbani dan dihadiri Asisten II Setda Kapuas Hulu, pihak Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian, Bulog, Polres, Satpol PP dan instansi terkait lainnya.

Kabag Ekon Setda Kabupaten Kapuas Hulu Agus Stormandi menyampaikan rapat monitoring tersebut dalam rangka pemantauan harga pokok Ramadhan hingga jelang Idul Fitri. “Dari informasi yang kita terima secara umum harga masih terkendali, dibatasan normal walau ada beberapa kenaikan jelang Ramadhan,” terangnya.

Agus menjelaskan, Pemprov Kalbar juga meminta kabupaten/kota untuk terus monitoring harga dan Sidak jika dianggap perlu. Dari laporan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu bahwa sudah dilakukan sampel harga untuk 3 kecamatan. “Itu di Kecamatan Semitau, Jongkong dan Putussibau. Secara umum normal, memang ada beberapa kebutuhan pokok meningkat,” ucapnya.

Untuk itu kata Agus, hari ini perlu dibahas, bukan hanya terkait harga dan ketersediaan barang, tapi semua jenis barang beredar di pasaran, terutama produk pangan sehingga dipastikan aman dikonsumsi.

“Masing – masing SKPD diharapkan memberikan masukan ke kita terkait stok, dan harga barang serta barang beredar,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Sekda H. Sarbani mengingatkan terkait stok barang perlu menjadi perhatian bersama. Sebelumnya juga kata Sarbani sudah dibahas.
Untuk ketersediaan daging, Sarbani meminta dinas terkait melakukan persiapan, karena ada rencana subsidi daging untuk dijual. Demikian harga pokok lainnya, jangan sampai ada yang menjual dengan harga yang sangat tinggi. “Kita juga akan lakukan sidak bersama lintas instansi, untuk memastikan harga barang. Terkait elpiji 3 Kg kita juga berharap penyaluran gas yang menjadi jatah Kapuas Hulu benar-benar tepat sasaran,” timpal Sarbani. (Tim KIP)

About KIP