BBPOM Cek Makanan di Pasar Juadah Putussibau

By on

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pontianak melakukan pemeriksaan makanan yang dijual di sekitar lokasi Masjid Agung Darunnajah dan Masjid Darusalam, Putussibau, kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (14/5) siang.

Kabid Pengujian BBPOM Pontinak, Dra. Yanuarti Apt. M.Kes yang turun langsung pada kegiatan itu menuturkan bahwa, pihaknya sedang melakukan pengawasan Juadah Ramadhan. Hal itu untuk memastikan makanan yang dikonsumsi masyarakat pada bulan Ramdhan, khususnya sekitar Putussibau aman dari bahan-bahan berbahaya yang disalah gunakan oknum tertentu.

“Kita berharap produk yang dijual itu selain nyaman, aman, bermutu, bergizi dan diproses dengan cara yang higienis,”ucapnya.

Masa-masa Ramdhan, kata Yanuarti, biasanya banyak pedagang baru yang bermunculan. Kemudian sering terlihat juga produk-produk makanan yang tidak sering dijumpai di hari-hari biasa, tapi saat ramadhan saja munculnya. “karena itu lah kita melakukan pengawasan dan kita punya alat pengetesnya, kita uji boraks, formalin, rodamin B (pewarna merah textil) dan metanil yellow (pewarna kunging untuk textil),” ujarnya.

Yanuarti menuturkan jangan sampai makanan dibuat dengan menggunakan zat-zat itu karena berbahaya bagi kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya. Apabila ditemukan yang mengandung bahan berbahaya, kali ini lebih ditekankan pada upaya pembinaan pada oknum pedagang tersebut.

“Kegiatan kami ini mendapat respon baik dari Pemkab Kapuas Hulu, sehingga dalam pengawasan BBPOM ini terlibat juga lintas sektor. Jadi kalau kedapatan ada yang menggunakan bahan berbahaya maka dilakukan pembinaan terhadap oknum pedagang itu, pembinaanya secara bersama-sama dengan lintas sektor yang terlibat dalam kegiatan hari ini,” tuntas Yanuarti. (yohanes)

About KIP