Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Dini

By on

By. KIM Juragan On.

Dalam rangka meningkatkan minat, bakat, dan kreativitas pada anak Usia Dini, Dinas Pendidikan bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat menyelenggarakan Gebyar PAUD Kabupaen Kapuas Hulu Tahun 2019. Dengan tema “Melalui Gebyar PAUD Kita Tingkatkan Minat, Bakat dan Kreativitas Anak Usia Dini”  kegiatan ini terselenggara dengan sukses dan disambut sangat antusias oleh orang tua siswa.

Acara ini dilaksanakan di dua zona. Zona I di Kecamatan Putussibau Utara diikuti 13 kecamatan. Kegiatan berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 2 Mei 2019, dengan jumlah peserta 1100 siswa, dan zona II diselenggarakan di Kecamatan Hulu Gurung pada 26 hingga 27 April 2019. Dengan jumlah peserta 1172 siswa, dari 10 kecamatan.

Beragam jenis perlombaan yang diadakan di Zona I dan Zona II, zona I bertempat di Taman Kanak-Kanak Pertiwi, ada Nyanyi Solo, Paduan Suara, Gerak dan Lagu, Senam Sehat Ceria, Finger Painting, Celoteh, dan Karnaval.

Wiwit Saputri, S.Pd., mengatakan, untuk mengetahui minat dan bakat anak, dapat dilihat dari kesukaan, hobi, kebiasaan yang sering dilakukan anak, dan antusias ataupun semangat anak dalam bidang tertentu.

“Contohnya, pada saat di sekolah si anak sering menggambar atau mewarnai, setiap hari si anak selalu meminta kertas kepada gurunya. Saat ditanya, kata si anak mau menggambar dan mewarnai dengan serius dan penuh semangat.” Jelas Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD IT) Denis, melalui Whatsapp. Senin (6/5).

Sedangkan untuk meningkatkan kreativitas pada anak, bisa dengan cara mengikuti beragam perlombaan yang berkaitan dengan bakat mereka masing-masing tanpa ada paksaan.

“Bisa juga dengan melakukan kegiatan-kegiatan di sekolah yang berkaitan dengan bakat anak, sehingga mereka jadi terbiasa mengasah bakat sejak dini. Selain itu anak-anak juga perlu dukungan dari orang tua, yang lebih bisa mewujudkan itu semua.” Tutur Wiwit.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kreativitas minat dan bakat siswa. Terutama PAUD adalah payung hukum jadi bisa kelompok bermain juga di situ.” Ujar Fatmawati, A.Md., Staf PAUD.(Ria).

About KIP