Artikel

Buah Nanas Laris Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru

By. KIM Juragan On

Buah Nanas kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tak hanya itu, ia sangat familiar menjadi inti dari kue kering pelengkap kebahagiaan di hari raya, yang dikenal dengan nama kue kering Nastar.

Tak hanya laris di hari raya, baik itu idul fitri, dan natal, tapi nanas ini juga laris dihari-hari biasa. Dimasak dengan resep masakan khas melayu, yakni pacri nanas.

“Biasanya pas hari besar, satu hari habisnya 60 buah, kalau sedang ramai-ramainya atau menjelang hari raya bisa habis 100 buah.” Kata Maya yang bekerja sebagai pedagang buah di pasar lokal Putussibau, pada Juragan, Kamis (12/6/2018).

Maya menyuplai buah Nanas dari Pontianak. Ia juga mengatakan, harganya tidak mengalami perubahan.

“Standar aja tergantung ukurannya, besar kecil, mulai Rp 10 ribu Rp 12 ribu, dan 15 ribu. Biasanya dalam dua atau tiga minggu sebelum hari raya, pembelinya semakin bertambah.” Ujarnya.

Sementara itu Siti, pedagang ayam, mengaku untuk sementara ia tidak menaikkan harga ayam.

“Masih seperti biasa harganya Rp 45.000, tergantung persediaan ayam juga, mungkin menjelang hari raya dan tahun baru  harganya naik.” Ujar Siti, warga Kedamin yang menjual ayam di pasar lokal Putussibau setiap harinya.

Masih di pasar lokal putussibau, pemilik Kios Bumbu, Dara mengatakan saat ini  menyetok bawang mengingat permintaan pasar akan meningkat menjelang hari-hari besar. Ia membeli bawang merah dengan harga Rp 300 ribu per karungnya. Semakin mendekati harganya akan naik menjadi Rp 350 ribu.

“Menjelang raya harga-harga barang akan naik, mungkin disebabkan permintaan terhadap barang itu meningkat, sedangkan stoknya terbatas. Kemungkinan begitu, tapi kurang tahu juga faktornya apa.” Pungkasnya. (Ria)

Most Popular

To Top