Berita

Perusahaan Perkebunan kelapa sawit di Kapuas Hulu Menyerap Tenaga Kerja 12.964 Orang

Perkebunan Kelapa Sawit adalah salah satu investasi terbesar di Kabupaten Kapuas Hulu. Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kapuas Hulu, per Desember 2017, ada 12.964 karyawan yang dipekerjakan oleh tiga group perusahaan kelapa sawit yang berinvestasi di Bumi Uncak Kapuas.
Kepala Bidang Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Transmigrasi Kapuas Hulu , Subandi mengatakan bahwa, kurang lebih ada 12.964 orang tenaga kerja di perusahaan sawit yang masih aktif bekerja. keseluruhan mereka semua bekerja di PT. Sinar Mas Group, PT. Salim Group dan PT.Kencana Group. “Secara umum memang masih terlihat baik baik saja, hubungan antara pekerja dan perusahaan,” tutur Subandi, Kamis (3/5/2018).

Sebelumnya memang ada perusahaan sawit yang memproses take over yaitu PT.FBP, Karyawannya juga sempat dirumahkan. Namun hak-haknya sudah terpenuhi, bahkan ada ekstra pembayaran dari perusahaan. “Jadi tidak ada permasalahan lagi,” tegasnya.

Subandi mengatakan, terkait pelaporan ketenagakerjaan, sekarang perusahaan sudah melapor melalui e-laporan. Sistem pelaporan berbasis online. Itu bisa diakses langsung dari internet dan dilihat masyarakat. “Pelaporan dari perusahaan itu masuk ke kementerian tenaga kerja, jadi kami juga monitor dari web itu, disamping meninjau ke lapangan,” ujarnya.
Menurut Subandi, perusahaan ada aturan yang mengatur terkait tenaga kerja. Kemudian ada tahapan tersendiri sehingga pekerja itu dijadikan Karyawan tetap. “Dari proses ini baru mereka laporkan ke kementerian, sebab jika tanpa seleksi akan menganggu administrasi perusahaan terkait,” tegasnya.
Bidang Naker tetap turun untuk pengawasan dan pembinaan terhadap tenagakerja di daerah. Apabila ada hak-hak tenaga kerja yang tidak terpenuhi bisa disampaikan melalui delik aduan. “Kami selalu terbuka untuk menerima aduan dan akan kami proses sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Most Popular

To Top