BERITA KISAH (FEATURE)

Ini Alasan Anda Berkunjung ke Suhaid

Laporan KIM ENTUGAN HULU
A. Hartawansyah Praniansyah

Kasi Trantib Kecamatan Suhaid, Supardi mengatakan bahwa Kecamatan Suhaid terbentuk pada tahun 1996 hasil dari pemekaran kecamatan semitau dan selimbau berdasarkan PP Nomor 39 Tahun 1996 tentang Pembentukan 16 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Pontianak, Sanggau, Sambas, Sintang, Ketapang dan Kapuas Hulu Dalam Wilayah Provinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Barat tanggal 17 juni 1996 dengan jumlah 5 desa yaitu desa nanga suhaid, desa kerengas, desa mantan, desa mensusai dan desa jongkong hulu, saat itu yang menduduki jabatan sebagai camat pertama adalah Ade Kasihani, BA.
“kecamatan suhaid berdiri pada Tahun 1996, itu berdasarkan PP Nomor 39 Tahun 1996. Dan saat itu Pak Ade Kasihani, BA sebagai Camat pertama”, ungkapnya kepada anggota KIM Entugan Hulu. ( 27/4/2018).
Kota Kecamatan suhaid berada di pesisir sungai kapuas yang merupakan sungai terpanjang di indonesia dengan  panjang 1.143 km. Kecamatan Suhaid memiliki luas wilayah 29.842,00 Km2.


Supardi juga menambahkan “Februari 2018 penduduk kecamatan suhaid berjumlah 9.554 jiwa Dan kecamatan suhaid tentunya sudah sangat dikenal di kalimantan barat sebagai BUMI ARWANA”.
Menariknya, sebagai salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke kecamatan suhaid adalah sepanjang jalan dari semitau sampai ke suhaid disuguhkan dengan kolam ikan arwana, bahkan keramba ikan yang mengapung disungai kapuas yang berada dikecamatan ini juga kebanyakan keramba ikan arwana, mulai dari arwana Super Red sampai Arwana Brazil. Hal inilah salah satu yang mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Suhaid.
Namun ada yang tidak bisa dilupakan oleh masyarakat kecamatan suhaid bahwa konon dulunya di Suhaid berdiri sebuah kerajaan bernama Istana Sempana yang di pimpin oleh Abang Usman yang bergelar Pangeran Suma Tua yang merupakan Raja pertama.(pontianakpost.co.id)


Penduduk kecamatan suhaid yang terkenal ramah tamah terhadap pengunjung, menjadi salah satu alasan juga membuat pengunjung betah berada di kecamatan suhaid.
Kalau bicara mengenai kuliner, nah kecamatan suhaid memiliki banyak sekali kuliner enak dan sedap, ada kerupuk basah, lauk ikan asam pedas, rusit, Peja ikan entukan dan masih banyak lagi sehingga kalau disebutkan semua akan membuat pembaca merasa lapar, hehe, tapi inilah kenyataannya.
Untuk menikmati kunjungan anda di kecamatan suhaid, khususnya di kota kecamatan, anda jangan khawatir, disini tersedia perahu tambang untuk menyeberang sungai kapuas, karena dikota kecamatan ini berdiri 4 desa.
Saat ini, kecamatan suhaid memiliki 11 Desa dari berbagai suku, namun seperti yang kami sampaikan tadi bahwa penduduk kecamatan suhaid sangat ramah.
Mari berkunjung ke kecamatan suhaid, nikmati kuliner yang ada, dan suguhan kolam arwana akan menambah semangat anda berada di Suhaid.

Most Popular

To Top